Window blinds (tropical house concept) – bahasa Indonesia

English version

12 August 2008

greenery
Photo 1

Anda memiliki jendela yang terlalu besar, atau gorden jendela yang sudah waktunya diganti? Barangkali Anda ingin mempertimbangkan untuk menggunakan window blinds. Window blinds cukup praktis karena tidak lebih banyak menyita tempat, bila direncanakan dan diaplikasikan dengan baik. Ukurannya dapat diatur dan dikombinasikan untuk menutup area kaca. Penampilannya yang presisi juga menunjang konsep interior rumah bergaya modern.

Apa kegunaan window blinds?

Window blinds, atau penutup jendela yang biasa diletakkan di sisi dalam jendela kaca, merupakan sebuah alat bantu untuk menunjang interior rumah tinggal, kantor atau bangunan lainnya. Sebenarnya window blinds juga bisa diletakkan di luar jendela, seperti untuk menyaring cahaya di area teras rumah. Dalam hal ini, namanya bukan lagi ‘window’ blinds, namun ‘blinds’ saja, dan dapat berfungsi sebagai secondary skin.

Window blinds sering digunakan bila kaca terlalu lebar atau kondisi lain dalam ruangan, seperti terlalu banyak cahaya masuk, kurang adanya privasi, dan sebagainya. Fungsi window blinds sebenarnya sama dengan gorden, namun dengan lebih banyak keunggulan. Dibandingkan gorden biasa, window blinds lebih dapat diatur untuk mendapatkan banyak cahaya yang masuk kedalam ruangan. Menggunakan gorden, kita dapat menutup sebagian jendela, namun penyebaran cahayanya kurang merata. Window blinds memungkinkan cahaya dapat masuk secara lebih merata dalam ruangan karena kisi-kisinya dapat bergerak secara keseluruhan. Karena kegunaannya, window blinds seringkali merupakan alternatif pilihan yang baik untuk menggantikan gorden.

Kaca yang terlalu lebar biasanya juga membuat cahaya matahari baik langsung atau pantulan masuk makin banyak dalam ruangan. Bila ruangan berjendela lebar digunakan tanpa pelindung seperti gorden atau window blinds, sinar yang masuk dapat lebih memanaskan ruangan sehingga terasa gerah. Adanya window blinds, meskipun tidak dapat menyelesaikan tuntas tentang pemanasan ruang akibat cahaya matahari dalam ruangan, dapat membantu memberikan pembayangan agar sinar tidak langsung memanaskan area ruangan seperti lantai, bahkan mengenai langsung kulit kita.

Window blinds juga dapat membantu kita mendapatkan privasi dalam ruang interior rumah kita bila kaca terlalu lebar. Dengan kemungkinan dapat disetel dengan mudah melalui alat disisi window blinds yang dapat berupa tangkai yang diputar, tali, dan sebagainya, window blinds dapat memberikan tingkat privasi yang kita butuhkann.

Mengapa orang suka menggunakan window blinds?

Window blinds lebih disukai karena praktis dan menarik untuk dilihat. Kepraktisan alat ini ada pada kemungkinannya menyesuaikan kuantitas atau besar bukaan (misalnya cahaya matahari) dan tidak perlu merubah bentuknya, dengan kata lain alat ini cukup presisi. Kepraktisan ini dapat berpadu manis dengan gaya arsitektur modern yang berkembang akhir-akhir ini. Window blinds juga dapat mempercantik ruangan dengan garis-garis tegasnya. Bila diperhatikan, satu jendela yang memiliki window blind terlihat lebih indah juga karena bias-bias cahaya yang muncul dari sela-selanya.

Apakah window blinds cocok untuk diaplikasikan dalam rumah tinggal gaya modern?

Rumah tinggal bergaya modern sangat cocok menggunakan window blinds, seperti venetian blinds, roman blinds, dan sebagainya. Pada desain rumah-rumah modern saat ini, bidang kaca yang lebar sering digunakan sebagai pengganti dinding. Window blinds yang ragam dan variasinya semakin berkembang ini menjadi menarik untuk digunakan karena kepraktisan, fungsi dan estetika atau keindahannya.

Apa saja bahan yang digunakan untuk window blinds?

Bahan yang digunakan untuk blinds ada bermacam-macam. Untuk venetian blinds misalnya, bahan yang digunakan antara lain kayu, bambu, aluminium, plastik, vinyl, dan sebagainya. Material ini mempengaruhi kesan alami dari window blinds.

Resting Booth
Photo 2: Bamboo blinds

Sebagai contoh: window blinds yang dibuat dari bambu, terlihat sangat menarik. Jenis ini cukup populer di Indonesia, seperti di negara lain, misalnya di Jepang. Disamping itu harganya juga murah dan dapat dicari di tempat penjualan produk industri kecil berbahan dasar bambu.

Apa saja bentuk window blinds?

Bentuk window blinds ada bermacam-macam, sebagian dinamai berdasarkan material dan bentuknya. Venetian blinds misalnya, biasanya berbentuk horisontal dengan kisi-kisi yang dibuat dari alumunium, plastik, kayu dan sebagainya. Khusus untuk kayu, biasa pula disebut wood blinds agar lebih spesifik.

Vertical blinds adalah blinds yang diatur secara vertikal, sehingga dinamai demikian. Berbahan alumunium, plastik PVC, kayu, dan yang paling sering digunakan adalah kain, vertical blinds dapat digunakan untuk menggantikan gorden lama Anda sehingga tampil lebih fresh dan modern.

Shadow Lines
Photo 3: Vertical blinds

Roller Blinds adalah blinds yang mekanismenya menggulung, jadi dengan tali, dapat digulung dan blind dapat bergerak keatas dan kebawah, sesuai keinginan.


Photo 4: Roller blinds

Roman Blinds, adalah salah satu macam window blinds, yaitu berbahan kain dengan lipatan-lipatan yang dapat ditarik menggunakan tali.


Photo 5: Roman blinds

Terdapat berbagai macam window blinds yang lain, dengan variasi yang makin banyak seiring berkembangnya teknologi.

Betulkah window blinds dapat meredam panas dalam ruangan dan bagaimana hubungannya dengan hemat energi

Menggunakan window blinds, kita dapat menghemat energi dari pemanasan yang dapat terjadi di ruangan karena sinar matahari masuk langsung kedalam ruangan. Fungsinya dapat sebagai pemantul cahaya matahari sehingga mengurangi dampak panas matahari, terutama bila window blinds berbahan berwarna cerah atau putih, karena warna putih paling banyak memantulkan sinar matahari. Window blinds memang bukan cara paling jitu untuk berhadapan dengan cahaya matahari berlebihan atau untuk menghemat energi penggunaan AC, karena pada dasarnya window blinds ini tetap menangkap panas matahari DIDALAM ruangan, jadi panas matahari masih beradiasi kedalam ruangan meskipun lebih sedikit dibandingkan bila tidak menggunakan window blinds.

Fungsi lain berkaitan dengan hemat energi adalah fungsi window blinds untuk menghalangi sinar UV dari luar ruangan yang dapat memanaskan ruangan secara langsung. Disamping itu fungsi ini juga membuat perabot menjadi lebih awet karena tidak terpapar sinar UV. Seperti diketahui, perabot yang terkena cahaya matahari terus menerus dapat semakin pudar warna dan kualitas bahannya.

***

(Probo Hindarto)

Photo credit:

Photo 1: by Paul Goyette, under CC lisence. Some rights reserved.
Photo 2: by Masahiro Hayata, under CC lisence. Some rights reserved.
Photo 3: by Incase Design, under CC lisence. Some rights reserved.
Photo 4: by Probo Hindarto. All rights reserved.
Photo 5: by Probo Hindarto. All rights reserved.

Undergoing MyBlogLog Verification

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s