Keheninganmu / Candi Trowulan

https://i2.wp.com/bopswave.googlepages.com/englishflag.jpg English version

Juli 2006

Aku duduk dalam keheningan suasana hening yang syahdu diantara sosokmu yang sederhana, tidak mengada-ada. Kau jujur, kau mengatakan padaku tentang jernihnya air, memandang kedalamnya seolah aku tertarik dalam nuansa yang hitam, menyejukkan.

water_building

Kini aku tahu apa yang kau maksud dengan gemerisik dedaunan. Aku tahu yang kau maksud dengan manunggal dengan alam. Aku melihatmu disana, tidak Menyolok, tapi kau tampak agung. Kau bersahaja, tapi engkau bermakna. Kau jauh dari hingar bingar, tapi kau… keren abis!

Aku bisa duduk disini, memandangmu seharian. Kau disini, riakmu menghanyutkanku. Aku terbawa.

water building

Aku tahu bahkan engkau sangat lembut. Kau bahkan tidak menghendaki mereka menyesuaikan keadaan dirimu. Kaulah yang mengerti diri. Kau tak pernah merusak ciptaan Tuhan yang lain. lihatlah bagaimana kau bersahaja, dengan memandang kesekelilingmu, kau membuatnya sangat berkesan.

Jadi diantara gemerisik dedaunan, kau berbisik, dengan suara airmu seirama dengan aliran angin. Kau menunduk, tapi kau sangat menarik.

Banyak orang datang, untuk mendapati dirimu, tenang disini, seakan memahami setiap orang. Tahukah kau, kau telah menghubungkanku dengan Tuhan, kau telah menghubungkanku dengan gemerisik dedaunan, kau telah membuatku bercermin, adakalanya, kau melepaskan penatku.

water_attraction

Aku tak mengerti, kenapa ada orang menganggapmu kampungan, padahal kau sangat indah. Padahal kau adalah penghubung alam semesta. Padahal dengan hanya memandangmu saja, aku bisa menjadi tenteram … Aku selalu menanti saat-saat bisa memandangmu lagi. Agar aku bisa merasakan perasaan ini lagi ….

(puisi bebas ini dikarang 17 April 2004. didunia ini selalu terdapat sesuatu yang terdiri dari dua hal yang berpasangan. Apakah kompleksitas itu buruk. Saya tidak mengatakan demikian. Kompleksitas diperlukan untuk hal-hal tertentu. Tapi kami berpendapat, sesuatu yang sederhana dapat lebih menarik perhatian orang daripada sesuatu yang kompleks.

Dalam desain, selalu ada pilihan untuk membuatnya kompleks, atau sederhana. Ingat, bahwa terlalu kompleksnya suatu rancangan dapat mengakibatkan kebingungan pengguna rancangan.)

***

Bonus (atas semangat Anda membaca artikel ini)!!

Situs peninggalan kerajaan Majapahit yang sakti mandraguna! Letaknya di Trowulan, Mojokerto.

majapahit 1
Bila masih ingat pelajaran sekolah, Majapahit adalah salah satu kerajaan terbesar yang menyatukan Nusantara. Peninggalan ini merupakan bukti peradaban tinggi Nusantara masa lalu. Ini adalah mall kuno… tempat hang out paling oke di masa lalu (ini hanya majas saja), sebuah landmark kebanggaan masa lalu.

majapahit 2
Candi Bajang Ratu, berbahan batu-bata.

majapahit 3
Bukti tradisi ‘bathing’ yang tidak hanya ditemukan di Yunani Romawi kuno. Di Majapahit pun ada tradisi ini.

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s