Rumah Kampung Palembang

https://i2.wp.com/bopswave.googlepages.com/englishflag.jpg English Version

29 Juli 2006
Dari perjalanan kami di Palembang, Sumatera Selatan.

rumah adat palembang sumatera 1

Pada umumnya, rumah adat di Indonesia adalah rumah panggung. Yang kemudian tradisi tersebut masih terus dilakukan pada rumah tinggal yang berada diperkampungan. Dengan bahan yang sederhana yaitu kayu, rumah itu didirikan.

rumah adat palembang sumatera 2

Begitupun dari pengamatan yang kami lakukan di Palembang, sebagian besar rumah disana adalah rumah panggung dan terbuat dari kayu. Kondisi tanah yang basah (rawa) maka desain rumah panggung merupakan suatu pemecahan yang tepat. Atau karena kondisi suhu lingkungan yang panas, bisa jadi desain rumah panggung memberi penghawaan ruang yang baik. Dan biasanya rumah-rumah tersebut memiliki bentuk dan desain yang sama.

rumah adat palembang sumatera 3

Area bawah dari rumah tersebut juga difungsikan oleh pemakainya, sebagai tempat penyimpanan, kandang dan lain sebagainya sesuai dengan aktivitas pemakainya. Dulunya area ini adalah area terbuka, namun saat ini sebagian besar rumah disana telah menjadikan area ini tertutup,dijadikan sebagai tempat usaha, ruang lain untuk ditinggali dan sebagainya.

rumah adat palembang sumatera 4

Kondisi lingkungan,kebutuhan & kemajuan zaman merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan bentuk dari rumah-rumah tersebut. Sulitnya bahan baku kayu, yang menjadikannya mahal. Kebutuhan dari pemakai yang semakin meningkat. Dan perkembang zaman yang mempengaruhi pola pikir manusia. Pemakaian bahan bangunan selain kayu seperti beton, kaca, besi dan sebagainya sudah banyak dilakukan disana.

rumah adat palembang sumatera 5

Perubahan-perubahan tersebut terus terjadi, yang pada akhirnya akan menghilangkan identitas permukiman tersebut dan juga identitas karya arsitekturnya. Terlepas dari benar dan salah, inilah fakta yang terjadi.

rumah adat palembang sumatera 6

Suasana ruang dalam dalam sebuah rumah yang menggunakan material kayu untuk bahan dinding dan konstruksi rumah panggung. Perhatikan bahwa ruangan tidak dilengkapi dengan berbagai furniture berat, namun hanya alas seadanya untuk meminimalkan beban hidup bangunan.

Beberapa obyek yang sempat terekam dalam perjalanan:

rumah adat palembang sumatera 7

Sebuah monumen baru di Palembang.

rumah adat palembang sumatera 8

Masjid di Palembang. Akulturasi arsitektur barat, cina, lokal (Sumatra), yang berpadu harmonis.

________________________________________________
by Nasrul Amin
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s