Desain denah rumah gratis 100 m2 di lahan 11×15 meter persegi

Artikel ini adalah contoh desain rumah seluas sekitar 100m2. Bagaimana mendesain sebuah rumah dengan luasan lahan 11×15 meter persegi? Lahan seperti ini ‘melebar’ dan kita cenderung dituntut memberikan ekstra ‘perhatian’ untuk tampilan rumah agar terlihat cukup manis dari depan. Ini adalah salah satu contoh bagaimana kita memilih desain rumah dari beberapa alternatif;

Tiga pilihan desain denah rumah ini kami buat untuk menunjukkan beberapa kemungkinan desain rumah pada lahan 11×15 m2.

Terlihat di atas, tiga desain rumah pada lahan tersebut. Coba arahkan cursor Anda pada animasi diatas dan perhatikan perbedaan masing-masing desain.

Pada pilihan 1, desain denah ini memiliki pintu ruang tamu yang menyamping. Ini agak kurang lazim, namun bisa memberikan kesempatan untuk membuat jendela yang besar-besar disisi depan ruang tamu. Salah satu keuntungan membuat desain seperti ini adalah adanya kamar mandi disetiap ruang tidur. Desain ini memang terlihat agak sempit karena sebagian lahan dipakai untuk membuat kamar mandi dalam kamar tidur.

Pada pilihan 2, desain denah memiliki kamar-kamar tidur yang lebih luas karena tidak memiliki kamar mandi disetiap ruangan. ruang-ruang terasa lebih lega. Dapur yang ada juga memiliki akses udara luar ke taman secara langsung, serta sangat mungkin diberi jendela besar-besar agar ruang keluarga menjadi terang.

Pada pilihan 3, agak mirip dengan pilihan 1, hanya letak ruang tamu dipindah dan pintu ruang tamu bisa dibuat double (kupu tarung).

Nah, dari contoh kasus ini kita bisa melihat pilihan-pilihan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Untuk hasil terbaik, gunakan jasa arsitek agar Anda mendapatkan saran terbaik dan hasil akhir berupa gambar kerja presisi dan saran-saran desain lainnya.
________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s