Senangnya berapresiasi arsitektur

https://i2.wp.com/bopswave.googlepages.com/englishflag.jpg English Version

Kami ingat ketika pertama kali mengadakan sebuah website arsitektur… sebuah pertanyaan besar muncul di kepala; Bisakah arsitektur bergabung dengan media baru ini dan menjadi suatu agen perubahan baru? Saat itu, tahun 1999, internet yang berhubungan dengan arsitektur baru dimiliki oleh website-website luar negeri. Kami berusaha berpikir dengan konteks yang lebih besar.

Saat ini, sejak bulan Maret 2006 berbicara tentang arsitektur dalam website astudio (dan 6 tahun sebelumnya dalam website-website tidak terkenal yang lain), dengan jujur; dalam cara kami sendiri, kami merasa sangat bersyukur dengan apresiasi yang datang dari pengunjung website yang meningkat dengan pesat diluar perkiraan kami. Email-email datang setiap hari, dan dengan waktu kami, kami berusaha sebaik mungkin menjawab setiap orang.


Website kami menjadi sebuah website arsitektur yang paling diminati di Indonesia, menurut hit counter Google dan Yahoo. Apa artinya membuat obyek sehari-hari menjadi obyek apresiasi arsitektur? Kami mendapati bahwa perjalanan dan semangat itu akan tinggal lebih lama setelah menulis tentangnya.

Kadangkala, tidak penting apa yang dikatakan orang tentang apa yang kami katakan, tapi ini adalah tentang berbuat yang terbaik dari diri kita. Setelah itu, hasilnya sebenarnya ada didalam diri kami, namun disuatu tempat didunia, ada seseorang yang membaca pemikiran kami; Anda. Anda adalah pengunjung, Anda adalah salah satu faktor terpenting dari dibuatnya website ini. Apa yang kami lakukan sebenarnya bisa dilakukan orang lain, mungkin lebih baik. Tapi untuk sekarang, kami akan memberikan yang terbaik untuk Anda.

Let this be our journey together in architecture.

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

One response to “Senangnya berapresiasi arsitektur

  1. Komentar-komentar sebelumnya di http://www.astudio.id.or.id:

    nama: MAULIDAN
    email: maulidan.nuran@*****.co.id
    comments: SAYA DOSEN MUDA MAU TANYA :NGAJAR MAHASISWA SEMESTER 8 MATA KULIAH APRESIASI ARSITEKTUR.
    PERTANYAAN ; APA SAJA YANG HARUS SAYA AJARKAN KEPADA MAHASISWA TENTANG APRESIASI ARSITEKTUR. TRIMS ATAS BANTUANNYA.
    SALAM
    website ini: SAYA SANGAT SUKA

    astudio:
    Dear pak Maulidan,
    Sebenarnya kami tidak memiliki cukup pengetahuan seperti mereka di kalangan akademis untuk memberikan saran. Namun mungkin sebagai sharing saja, apresiasi arsitektur itu sangat dipengaruhi oleh proses sensasi sehingga menjadi persepsi, interpretasi dan re-interpretasi, yang dalam hal ini kita perlu mendorong mereka yang belajar arsitektur untuk menggunakan berbagai indera sensasi mereka untuk berperan dalam memahami arsitektur.

    Selain dari teksbook, akan sangat membantu bila kita banyak mengunjungi obyek arsitektural untuk memperkaya wawasan inderawi tentang suatu obyek.
    Salam.

    nama: puntje
    email: titik_indra@*****.com
    comments: Salut deh buat kalian..masih muda dah bisa berkarya n bikin studio arsitek sendiri. Apa sih rahasianya?????????aku mahasiswa Arsitektur semester 7 di ITN.pengen banget ne dapat pengalaman kyk kalian,rasanya ga puas banget cm dpt pendidikan dr kul…i’m very interesting with anything about Architecture.Bagus tuh klo kalian bs bantu pemula kyk kita (mahasiswa) biar tau dunia arsitektur yang sebenarnya…
    Goodluck yach….
    website ini: lumayan tp krg menarik

    astudio:
    Dear Puntje,
    Rahasianya sederhana; kerja keras.

    nama: dewo
    email: koesdewanto@*****.co.id
    comments: Salam kenal dari saya Dewo di Surabaya.Saya lagi mbangun komunitas arsitek alumni arsitek.Kami sdh lama tdk komunikasi dgn rekan2 lain.Kami dr alumni arsitek ITATS.
    Sukses untuk astudio

    nama: andry
    email: Dree_arch@******.net
    comments: cukup bagus sih, bisa nambah wawasan n pengetahuan jg buat kita smua, trutama buat saya bisa lebih mengenal akan kaitan antara arsitektur dan budaya. cuman klo bisa lebih diperinci lagi donk…. thanks

    nama: harep hartono
    email: harep_hartono@*****o.com
    comments: situs nya cukup bagus kami dapat memperoleh banyak informasi dari situ.
    website ini: good luck

    nama: noryn
    email: nizryn_905510@*****.com
    comments: hi saya dari malaysia!!saya amat suka dgn isi2. yg terkandung didlmnya..ia dapat membantu saya agar lebih teliti dlm. soal memiliki sebuah rumah impian..

    website ini: perlu lebih bnyk gambar and you are the best

    name: micko_miko@*****.co.id
    komentar: Salam hormat,
    Saya interest dengan adanya situs ini, bagus untuk informasi untuk dunia Arsitektur kita.
    sekeder pertanyaan apakah ada mengenai keangotaan/member yang berkesinambungan sebagai sarana mempererat tautan pikiran arsitektural kita lebih lanjut.

    Terimakasih. dan Maju terus Arsitektur Indonesia

    astudio:
    Dear Micko, keanggotaan atau member belum ada karena website ini memang formatnya bukan sebuah forum, namun website jurnal arsitektur. Barangkali suatu saat nanti bisa juga dikembangkan jadi forum. Terimakasih.

    name: Ahmad Kalamullah
    komentar: Benar Kak!! Teruskan otot-ototmu melanmcarkan pembangunan agar idonesia jadi sejahtera! saya dukung!

    Mahasiswa STAIN Pekalongan
    Jurusan D3 Perbankan Syari’ah
    E-mail: ahmadkalam@yahoo.com

    name: http://www.nyeni-interior.com
    komentar: sukses selalu buat astudio

    name: andra + andra898@yahoo.co.id
    komentar: Saya sales engineer dari PT. LAFARGE ROOFING INDONESIA yang memproduksi genteng MONIER dan Fabricator SMARTRUSS LYSAGHT untuk rangka atap baja ringan dengan garansi 10 tahun dari BLUESCOPE LYSAGHT. Saya akan memberikan harga murah, apabila dibandingkan dengan Fabricator lain. Untuk menghitung harga atap, saya membutuhkan :
    1. Gambar Tampak Depan,
    2. Gambar Tampak Samping,
    3. Denah atap dan
    4. Gambar ring balok.
    Apabila Bapak/ Ibu berminat, silahkan fax gambar tersebut dengan mencantumkan nama Bapak/ Ibu serta nomor telfon yang bisa saya hubungi di (021) 791-811-02 atau telfon (021) 791-811-12/ 0818-730-944/ 0818-0855-6638/ 0813-1022-6869 a/n ANDRA.

    name: Adi akhmad abdillah. CV_JASMINE@YAHOO.CO.ID
    komentar: Apreciate buat astudio. merupakan salah satu solusi untuk memperkuat arsitektur indonesia yang dewasa, bijaksana, berbaur tanpa meninggalkan jati diri. karena kita tidak akan pernah bisa bertahan dalam pribadi yang bukan sebenarnya. sebagai orang yang juga concern dalam bidang arsitektur saya merasa bersyukur dan bangga dengan ide dan usaha yang telah teman2 lakukan melalui website ini. maju terus astudio. dalam kesempatan yang lain mungkin seya ingin berpartisipasi lebih banyak lagi dengan mengirimkan artiketl atau design yang telah saya buat untuk sekedar meramaikan dalam turut berpartisipasi dalam arsitektur indosesia melalui website ini. terima kasih.

    name: jocobain, jo.cobain@*****.co.id
    komentar: saya sgt mendukung artikel2 yg berkaitan dengan arsitektur dikalangan’mahasiswa’ krna dengan demikian intelejensi km dibidang arsitektur menjadi lebih terirganisir dengan adanya draft2 untuk proses pembelajaran terutama di kampus… trima kasia

    name: Rukhan, al_jir@*****.com
    komentar: Trimakasih…
    dengan adanya web ini trusterang dapat meningkatkan wawasan saya tentang arsitek. apalagi saya bukan lulusan arsitek tapi dari ekonomi.
    jangan bosen-bosen saja menulis artikel, in-allah akan saya update

    name: emoprod@***.com
    komentar: Good luck guys, I know you have a great potential, but judging from some designs displayed on your web, you guys are not really open your eyes widely to your environment. Your Country have so many types of Traditional House designs, and even interior, why should you go so far to the WEST, when you’re already very strong with the EAST DESIGN. JAVA, BALI, SUNDA, and many more, that I believe you guys know better than I do. Combine that to be a brand new design, a Synergy between West And East ( Indonesian Style to be Exact ) . Because most of the West design now are influenced by Indonesian Architectural Style, especially, Bali and Java. Given the fact , that most of the resort ( marine ) are based on Indonesian Architectural Design.

    What make me Proud of you guys is, You’re still very young, and you have lots of potential, And i believe you can do better than that.
    Translate this : Sink Che duck or joy dee luleck kay…….. in English : Don’t ever forget anything that is so close to you.

    Dear Emoprod, thanks for your brainstorming. We might need it more and more ahead. We are trying to understand our own locality, that time after time, will somehow we think will arise in our designs. We hope and long for that, and we don’t forget what’s close to us, it’s just yet to arise someday.

    saya membaca buku mengenai hubungan antara psiologi dengan arsitektur. ternyata ada kaitan bila kita mengkaitkan kebutuhan seseorang dengan desain hunian. jika saya ingin meneliti desain hunian yang dapat meminimalisir tingkat stress pekerja di jakarta, aoakah desain tersebut dapat dibuat setelah kita mengetahui tingkat stres pekerja tersebut? mohon penjelasan.
    terima kasih.

    name: moniQ+emdikey_impression@……com
    komentar: comments on article ‘Desain rumah minimalis’:
    saya mahasiswa fakultas Psikologi UNPAD yang sedang menyusun usulan penelitian. saya membutuhkan segala informasi mengenai konsep hunian. informasi tersebut saya gunakan untuk mendukung penelitian saya. saya mohon kerjasamanya. terima kasih.

    name: Muhamad Yasin, myasin@…..com
    komentar: Membuka ruang , baik hati dan fikiran imajinasi, untuk lebih mengenal arsitektur, setelah membuka web ini, walaupun saya sendiri masih awan dalam arsitektur, namun akhirnya wawasan mnejadi semakin terbuka.Bagaimana kita melihat sebuah karya arsitektur, khususnya rumah hunian, yang kebetulan saat ini saya lagi menyiapkannya,

    thank

    M Yasin , Balikpapan Dec 17, 2006

    nama: hero rahmat arief
    email: Hero_love_u_all@……..com
    komentar: saya mau tanya apabila kita mo ngebuat rumah dengan design minimalis kita harus melihat dari segi mananya…….apa dari letak bangunan atau dari keadaan sekitar lingkungan.

    Saya menawarkan produk lukisan dari Bali, dengan motif lukisan pemandangan, lukisan burung, abstrak dan lain lain dengan berbagai ukuran. Saya ingin bekerja sama dengan perusahaan interior anda dan saya bisa menghadirkan berapapun jumlah lukisan yang akan dibutuhkan. Saya jamin lukisan itu indah dan menarik dengan harga terjangkau. . Perlu diketahui juga bahwa saya mempunyai galery di ITC Kuningan lantai 4 Blok C6 Jakarta. Contact person silakan di nomor 0811540349, 081347953888 atau di e mail ini. Terima kasih atas kerjasamanya.

    Hello juga,……he…he…he
    Saya pas lagi di Lab CAD kampus, jadi sekalian ngenet
    disitu. Ya mesthi to, saya coba buka web-site kamu,
    tapi salut saya, maybe dilain kesempatan bisa saya
    bantu tentang data ato tambahan tulisan ya…….oke
    mas Probo?

    Salam,
    Imam de RUPA

    nb:
    Kalo tulisan semua ato beberapa tulisan artikel bisa
    dibuat berseri pasti akan seru…lho…..

    name: Imam de RUPA; imasant_ars@……..com
    komentar: The show must go on, cara yang terbaik adalah dengan melakukan, begitu juga dengan Arsitektur, terlebih ARSITEKTUR INDONESIA,…….maka lakukan, siapa lagi yang akan melakukan ARS-IND kalo bukan kita sendiri…….ok

    name: yudha+waton_milanisti2004@……..com
    komentar: wah..memang bener2 minimalis, jadi kesannya tu gak bertele-tele.rumah seperti ini memang lama2 agak ngebosenin, tapi gimana caranya kita sebagai pemilik bisa manage tata ruang dan tata letak, justru itulah benefitnya dan kekuatan rumah minimalis, pemilik bisa leluasa ngatur2..maap..bisa gak saya minta tolong kirimin desain rumah minimalis, gak usah banyak2, lewat email aja..makasih

    name: himawan + archirexxx@……..com
    komentar: Keep d spirit creating good works!!

    name: Fitroh Akhsani A + arfxxx@……..com
    komentar: Saya paling demen ama cerita peninggalan purbakala oh ye

    name: quanxxx@……net.id
    komentar: kepada Yth:Astudiokami
    adalah produsen spring bed merk Quantum, apabila berkenan, kami ingin
    mengajak kerjasama untuk mensuplai kebutuhan bapak/ibu akan kebutuhan
    tempat tidur untuk customer bapak/ibu, khususnya spring bed. apabila bapak/ibu memerlukan keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi
    kami.Hormat kami,Agustinus
    PT. Quantum Tosan InternasionalTel : (0251)
    610325Fax : (0251) 610511Hp : 0811896933e-mail :
    quantum@dnet.net.idwebsite : quantum-mattress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s