Mengapa perlu arsitek?

28 Januari 2007

Tanah yang kita beli dan siap untuk dibangun, sebaiknya didesain dengan sebaik-baiknya agar tidak percuma kita bersusah payah.

Rumah yang akan kita bangun adalah rumah yang mungkin akan kita tinggali untuk waktu yang relatif lama. Bila kita membangun rumah, biasanya kita membangun untuk kepentingan keluarga dan masa depan. Rumah perlu didesain dengan baik agar sesuai dengan gaya hidup dan kepentingan kita sebagai pemiliknya. Adakalanya, seseorang telah memiliki tanah dan berniat untuk membangun. Jasa arsitek dibutuhkan dalam hal ini.

Arsitek dapat membantu kita merencanakan segala detail yang ada dalam rumah yang akan dibangun. Misalnya; detail-detail keindahan dalam ruang-ruang, tampilan rumah yang menawan, perletakan ruang-ruang yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan kita sehari-hari. Biaya untuk menyewa jasa arsitek juga merupakan pertimbangan, dan biasanya biaya tersebut diberikan berdasarkan pertimbangan seorang arsitek pada kemampuannya, atau pada standar tarif yang berlaku secara umum dalam wilayah arsitek tersebut. Sebaiknya jangan mudah percaya pada arsitek yang memberikan harga terlalu murah, atau bahkan gratis, karena hasil desain sama sekali tidak ada jaminan. Fee seorang arsitek bisa jadi menunjukkan kualitas arsitek tersebut. Sesuaikan pula dengan budget Anda, dan sebaiknya Anda mengetahui hasil karya arsitek tersebut sebelumnya.

Seseorang bisa saja membuat denah, perkiraan tampilan dan sebagainya, kemudian menyerahkannya kepada tukang. Pertanyaannya adalah; apakah banyak segi pertimbangan dalam merencanakan desain rumah telah terpenuhi? Hal-hal yang menjadi pertimbangan antara lain; estetika dan keindahan desain rumah, struktur konstruksi yang terencana, perletakan ruang-ruang secara tepat dan fungsional. Para arsitek telah mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan dalam profesinya, antara lain kemampuan menggubah komposisi bangunan agar indah, memperhatikan faktor kesehatan bangunan sehingga penghuninya tidak dirugikan dengan desain yang merusak kesehatan.

Namun, tidak sembarang arsitek dapat memenuhi kebutuhan Anda, karena arsitek yang baik adalah arsitek dengan pengalaman mendesain dan pengalaman lapangan yang baik. Sebenarnya, ketika ingin menggunakan jasa arsitek, tanyakanlah dulu kepada arsitek tersebut proyek apa saja yang telah dijalankannya, dan biarkanlah arsitek tersebut memberikan penjelasan tentang bagaimana prinsip proses desain yang biasa dilakukannya. Sebaiknya kita memilih arsitek yang perhatian dan mampu menerima aspirasi kita, kemudian menjadikannya dasar perencanaan rumah tinggal kita. Tanyakanlah pula pada arsitek tersebut, ide apakah yang terlintas dalam benaknya dalam proses desain tersebut, dan adakalanya arsitek akan muncul dengan ide-ide menarik yang tidak kita duga sebelumnya.

Arsitek yang baik akan memperhatikan kebutuhan ruang yang kita inginkan, budget yang kita miliki, dan berkehendak untuk memberikan desain yang terbaik yang dapat diberikannya. Kadangkala, bahkan meskipun kita telah menyewa jasa arsitek yang terkenal dan cukup banyak pula hasil desain yang dimilikinya, hasil desain tersebut belum dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan kita akan sebuah rumah tinggal yang ideal. Dalam hal ini, kita perlu melihat pada contoh-contoh desain yang dimilikinya dan pada saat berbicara dengan arsitek tersebut, kita dapat memperkirakan apakah cukup baik menyewa jasanya, apakah arsitek tersebut tidak terlalu sibuk sehingga desain kita terbengkalai, dan sebagainya.

Dalam proses desain, yang terjadi adalah sebuah tarik-menarik antara berbagai faktor dalam proses merancang tersebut, antara lain keinginan klien, faktor ekonomi, sosial, budaya setempat, serta keinginan dan ide arsitek tersebut. Dalam proses desain yang kita lakukan bersama arsitek, hal-hal tersebut perlu diperhatikan dengan seksama. Bila keinginan kita terlalu mendominasi, akibatnya desain arsitek mungkin tidak kreatif dan jasa arsitek tersebut kurang efisien karena tertekan dengan keinginan kita. Bila arsitek terlalu mendominasi, hasil desain mungkin hanya sebagai eksperimen arsitek yang ambisius dan tidak sesuai dengan klien dan lingkungan. Faktor-faktor lain seperti ekonomi (budget), keadaan lingkungan dan budaya dalam lingkungan setempat juga patut untuk diperhatikan.

Sehingga, adanya dialog dan proses dalam desain adalah hal yang musti ada, sehingga terjalin hubungan baik antara kita dan arsitek, dan kemudian desain yang baik diharapkan lahir. Selamat mencari arsitek.


________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

One response to “Mengapa perlu arsitek?

  1. Komentar sebelumnya di http://www.astudio.id.or.id:

    nama: Andy
    email: andz_design@*****.co.id
    comments: comments on article: “Mengapa perlu Arsitek?”: artikelnya cukup bagus sebab akhr2 ini banyak masyarakat awam menganggap memakai jasa arsitek hanya menghabiskan uang! dan kebanyakan masyarakat awam berpikir hanya orang kalangan atas saja yg memiliki rumah dikawasan elite yg pembangunannya memakai jasa arsitek,padahal menurut saya jasa arsitek umumnya memenuhi keinginan dari kliennya
    website ini: sangat bagus

    nama: pras
    email: gagah_clan@*****.co.id
    comments: comments on article: “Mengapa perlu Arsitek?”: yah…kalo orang pada gk butuh arsitek,gimana masa depan saya…

    nama: on13
    email: onthirteen@*****.com
    comments: comments on article: “Mengapa perlu Arsitek?”:
    Sangat dianjurkan sekali untuk memakai jasa arsitek, dengan arsitek kita bisa membangun rumah sesuai dengan keinginan. seperti apa nantinya bangunan kita berdiri, kita sudah bisa membayangkan sebelumnya melalui gambar-gambar ilustrasi dan desain gambar arsitek.
    website ini: cukup

    nama: kepypoat
    email: trune adi
    comments: comments on article: “Mengapa perlu Arsitek?”: karena arsitek itu sangat diperlukan untuk mendesain beberapa macam bangunan seperti yang kita tahu.contohnya:mendesain stodio musik,hotel,dll

    nama: luiz wilson
    email: luiz_arch@*****.co.id
    comments: comments on article: “Mengapa perlu Arsitek?”:
    artikelnya oke deh…karena saya juga arsitek. Memang Arsitek profesional tahu apa yang merupakan kebutuhan owner karena ia pasti mampu menterjemahkan lebih dalam kemauan klien, ketimbang tugas mendesain owner berikan pada pihak yang tidak berkompeten dalam ilmu arsitektur..thx
    website ini: oke deh

    nama: anung
    email: http;//www.anung.id.or.id
    comments: comments on article: “Mengapa perlu Arsitek?”: ok, pada prinsipnya kami sangat setuju, namun untuk kalangan kecil terutama yang hidup di daerah and kurang mampu gimana? terutama sekali mereka gak punya cukup biaya untuk bayar arsitek…
    website ini: ok

    nama: Gatot Sulistyawan
    email: gatot@*****.co.id
    comments: comments on article: “Mengapa perlu Arsitek?”:
    Idaman untuk memiliki rumah dengan design yang baik, dalam arti secara fungsi dan estetika, adalah dambaan setiap orang . Untuk hal tersebut mungkin akan mengalami kesulitan untuk mewujudkannya bagi masyarakat biasa,yang awam tentang design rumah. Sehingga diperlukan seorang ahli, dalam hal ini diperlukan jasa seorang arsitek. Hanya image yang ada di masyarakat, yaitu tidakl terjangkaunya biaya jasa yang harus dikeluarkan. Walaupun para arsitek akan menjawab bahwa pada akhirnya tidak akan terjadi biaya bongkar pasang akibat perencanaan yang tidak benar, tetapi tetap saja untuk saat ini rata-rata jasa konsultasi arsitek masih dirasakan cuku tinggi.

    nama: jo
    email: jo.cobain@*****.co.id
    comments: comments on article: “Mengapa perlu Arsitek?”:
    Pada prinsipnya semua orang bisa saja membuat desain rumah secara self-think, tapi tanpa pengetahuan dan ilmu yang detil about arcitecture maka hanya akan menciptakan suatu desain yang unsinkron antara form and sirculation of interior for the building,

    Hal ini sesuai dengan pengalaman pribadi saya dalam mendisain sebuah rumah pada saat pertama kali mengenal dunia arsitek dikalangan kampus.

    Oleh karenanya saya sangat medukung sekali tulisan anda ini untuk dipublikasikan kepada masyarakat awam. Dengan satu catatan bagi para arsitek sendiri bahwa” sebagai seorang arsitek dalam mendesai harus selalu berpikir design be the art, isn’t design be a project.

    nama: lia
    email: malez_buangetz@*****.co.id
    comments: comments on article: “Mengapa perlu Arsitek?”:
    menurut saya artikel ini bagus juga untuk dibaca oleh kami yang masih mahasiswa arsitektur.
    website ini: bagus.

    nama: Adang Yana
    email: adysiah@*****o.com
    comments: comments on article: “Mengapa perlu Arsitek?”: Arsitek itu perlu, namun apakah seorang memiliki kepedulian terhadap masyarakat pengguna Rumah Sehat Sederhana yang menginginkan Renovasi RSS nya memiliki nilai desain yang cukup baik ?

    astudio:
    Dear Adang, apakah maksud Anda; Apakah arsitek memiliki kepedulian dengan RSS yang memiliki nilai desain cukup baik? (bila tidak salah tangkap dari pertanyaan Anda). Tentunya arsitek tetap memiliki tanggung jawab mendesain dengan baik meskipun dalam skala RSS. Bahkan sangat menantang untuk mendesain RSS dengan lebih baik daripada kebanyakan RSS saat ini; bagaimana nilai dana yang kecil dapat membuat rumah yang tetap nyaman. Kenyamanan itu didapatkan dari beberapa faktor, misalnya penghawaan alami yang dapat membuat penghuni nyaman, penggunaan material yang murah tapi tetap sehat, serta perancangan yang memperhatikan suhu ruang dan desain yang murah namun inovatif.

    nama: dhani
    email: Roy_jus@*****.com
    comments: comments on article: “Mengapa perlu Arsitek?”:
    saya mau menambahkan,sebagai seorang arsitek,saya mengerti mungkin tidak semua orang mampu atau berkeinginan untuk mendesain rumah dengan menggunakan jasa arsitek..kami para arsitek ingin sekali membantu untuk merencanakan tempatkan tinggal yang sesuai dengan keinginan pemilik rumah.anda tinggal bukan untuk waktu yang sebentar..sungguh menyenangkan jika anda tinggal dirumah yang jika anda lihat sangat nyaman,sirkulasi ruang pun sesuai dengan kegiatan sehari-hari dan orang lain yang datang kerumah anda menyukai rumah anda yang tertata dan nyaman…jangan ragu,arsitek ingin membantu mendesain yang terbaik buat rumah anda
    website ini: oke banget …

    name: bmjsby_68@*****.co.id
    komentar: comments on article ‘Mengapa perlu arsitek?’:
    artikel ini, bagus dan perlu dibaca oleh setiap orang yang mau membangun rumah/ merenovasi rumah.
    terima kasih

    name: puji siswanto+Gp_san02@*****.com
    komentar: comments on article ‘Mengapa perlu arsitek?’:
    wah artikel yang sangt bagus sya sebagai seorang mahasiswa arsitektur menjadi tau bagaimana kenyataan yang akan kita hadapi nanti…tau kita harus bagaimana dalam berprofesi…terima kasih.lho di astudio bisa bergabung ya..wah asik banget….misal dapet order atau informasi yang penting kayak kompetisi mau banget tuh…:)

    name: ariy+ran_shipo@*****.com
    komentar: comments on article ‘Mengapa perlu arsitek?’:
    biasanya arsitek lebih bisa menerjemahkan apa yg sebenarnya kemauan pemilik rumah, dibanding klo kita langsung kasi perintah ke tukang bangunan. thx

    name: irfan_number1@*******.com
    komentar: ya, artikelnya cukup bagus, karena kebetulan saya juga arsitek di salah satu developer di jogja. Menurut saya, memang benar kalau kita mau menggunakan jasa arsitek harus melihat karya2 arsitek tersebut, jadi kita tidak beli kucing dalam karung, karena rumah kita adalah surga kita, kalau salah desain, ya bisa jadi neraka kita.. salut untuk a studio, kalau memungkinkan saya mohon bisa bergabung, siapa tahu dapat order tambahan.. he3x

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s