Unsur air dalam hunian rumah tinggal

https://i2.wp.com/bopswave.googlepages.com/englishflag.jpg English Version

28 Juli 2007 – Air adalah unsur kehidupan terpenting dalam hidup kita, dimana kita membutuhkan sejumlah cairan dalam tubuh agar metabolisme tetap terjaga dengan baik. Air juga unsur alam yang dapat menunjukkan tingkat sehat tidaknya sebuah area kehidupan manusia, misalnya air sungai, mata air, air minum dan sebagainya. Pendek kata, air adalah bagian dalam hidup yang tidak remeh.


Dalam hunian yang memadai, kolam renang dapat menjadi area pusat aktivitas kesehatan seperti berolahraga bagi seluruh keluarga. (foto: dok. astudio)

Dalam desain sebuah hunian, air dapat menjadi penyegar yang menyehatkan lingkungan, serta dapat digunakan sebagai penunjang kebutuhan kesehatan dan rekreasi, misalnya menggunakan air dalam kolam renang sehingga kita bisa berolahraga, membuat kolam ikan yang segar, membuat air terjun buatan sehingga terdengar gemericik yang menyenangkan, dan sebagainya. Hal ini karena air adalah kebutuhan manusia yang sebenarnya sangat mendasar, yaitu hubungan dengan alam.

Menghadirkan air dalam hunian dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan membuat kolam renang, kolam ikan, pancuran, air terjun dan sebagainya. Pada saat ini berbagai macam kolam dengan berbagai tujuan dapat dibangun dengan semakin mudah, karena jasa pembuatan kolam dan taman sudah semakin menjamur.

Bila kita tidak memiliki lahan yang cukup atau dana cukup untuk membuat kolam renang, kita dapat menghadirkan unsur air dalam kolam ikan, atau pancuran sederhana. Hal ini dapat kita konsultasikan dengan pembuat taman atau kontraktor taman.

Kolam ikan relatif mudah untuk dibuat, dan membuatnya tidak memerlukan waktu lama. Bila diinginkan, pada lahan yang masih kosong dalam area rumah kita bisa digunakan untuk kolam ikan. Kolam ikan bisa membawa suasana refreshing dalam rumah kita, misalnya bila kita melihat ikan-ikan berenang di kolam ikan, adakalanya perasaan kita semakin tenang dan sejuk, sehingga hal ini bisa menjadi terapi yang menyegarkan dalam rumah.


Gemericik air yang turun menuju kolam, menimbulkan suasana alami pedesaan ang menyegarkan. Betapa hebatnya bila dihadirkan dalam hunian Anda. (foto: dok astudio)

Kolam ikan juga dapat membuat tamu merasa lebih betah, apalagi bila dipadukan dengan suara gemericik air kolam, wah sepertinya tamu mungkin akan semakin betah. Seorang klien astudio mengatakan bahwa ia ingin menghadirkan kolam didekat ruang tamu sehingga tamu dapat memandang kolam ini dan merasa nyaman didalam ruang tamu. Tampaknya hal ini cukup berhasil.


Bahkan cara termudah untuk menghadirkan unsur air juga bisa dilakukan secara sederhana seperti contoh ini, yaitu gentong dan wadah air yang menimbulkan suara gemericik menyegarkan di area rumah ini. (foto: dok. astudio)

Pancuran sederhana dapat dihadirkan agar unsur air membuat bunyi dan musik alami yang segar dan membuat kita nyaman. Bayangkan bila kita sedang tiduran di sebuah bale taman dan terdapat bunyi gemericik air, sangat refreshing bukan!

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

One response to “Unsur air dalam hunian rumah tinggal

  1. Komentar sebelumnya di http://www.astudio.id.or.id:

    nama: budi
    email: budi_tsg@*****.com
    comments: comments on article: “Menghadirkan unsur air dalam hunian rumah tinggal”:mau tanya nih….gimana penataan kolam renang dalam rumah yg agak sempit?

    astudio:
    Yth pak Budi,
    Menghadirkan kolam renang di rumah tinggal harus disesuaikan dengan besar lahan yang tersedia. Memang kita tidak bisa memaksakan kehadiran kolam renang dalam rumah yang sempit, karena biasanya kolam renang membutuhkan lahan lumayan besar. Untuk menghadirkan unsur air dalam rumah tinggal yang sempit bisa digantikan dengan kolam ikan yang kecil saja juga sudah cukup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s