Jendela pojok yang unik dari bahan alumunium

25 Agustus 2007


Jendela-jendela yang cukup digemari saat ini salah satunya dibuat dari bingkai aluminium. Bingkai aluminium memiliki kekuatan lebih besar daripada bingkai kayu sehingga dapat dibentuk dengan beberapa alternatif yang menarik. Salah satu contohnya adalah bingkai jendela pojok semacam gambar dibawah ini.


Jendela dengan frame atau bingkai alumunium yang dapat dibentuk dengan kekuatan lebih besar daripada kayu. Bentukan tanpa bingkai pinggir seperti ini cukup kuat.

Rupanya jendela dengan gaya ini makin digemari dan diaplikasikan pada banyak desain rumah tinggal. Selain terlihat lebih bersih, jendela ini menawarkan view yang lebih banyak daripada menggunakan bingkai dari kayu, karena biasanya bingkai kayu membutuhkan penyangga lebih kuat.

Bentuk jendela semacam ini cukup populer dengan gaya modern minimalis, dan biasanya memang digunakan untuk rumah dengan gaya tersebut. Kaca yang dipasang jadi terlihat lebih luas, memberi kesan lebih luas juga pada rumah tinggal. Dari dalam maupun dari luar, jendela ini memberikan lebih banyak keterbukaan.

Tentunya kesan terbuka dan clean tersebut sangat sesuai bagi mereka yang menginginkan rumahnya terlihat modern dan clean look. Dalam hal ini biasanya mereka yang memiliki pola hidup yang lebih terbuka dan modern. Bila Anda ingin menggunakan jendela jenis ini, saat ini sudah lebih mudah karena banyak kontraktor maupun sub kontraktor menyediakan layanan pembuatan dan pengadaan jendela dengan material alumunium.

PERTANYAAN DAN JAWABAN

nama: ikhsan
email: ikhsan_xtreme7@*****.com
comments: comments on article: “Jendela pojok yang unik dari bahan alumunium”: dimana nyari info tentang spesifikasinya serta faktor keamanannya
website ini: awsome

astudio:
Dalam proses perencanaan desain bangunan, dan dalam proses pembangunan, harus terdapat pihak atau orang yang mengerti tentang pemindahan titik beban kolom tersebut, yaitu mereka dari background pendidikan sipil dan berpengalaman dalam pembangunan konstruksi semacam ini. Pada dasarnya prinsip yang sama seperti konstruksi kantilever (bagian rumah yang menjorok keluar, seperti balkon, teritisan, dan sebagainya, dimana beban dari atas diteruskan tidak dalam satu titik, melainkan ketitik beban lain yang masih dapat ditoleransi oleh sistem konstruksi tersebut).

Salah satu contoh yang cukup menarik adalah sistem konstruksi kantilever bangunan rumah yang didesain oleh Andra Mattin, yang memenangkan penghargaan Skala+ sebagai desain arsitektur terbaik, memiliki kantilever yang sangat panjang, lebih dari 5 meter tanpa ditopang kolom dibawahnya. Menunjukkan bahwa dalam perhitungan konstruksi yang tepat, sistem kantilever dapat digunakan dengan baik.

Salah satu contoh yang dibangun astudio;

Pada gambar diatas, sistem konstruksi pada bagian pojok jendela lantai 1 dan 2 tidak ditopang oleh kolom pada bagian pojok, namun ‘digeser’ sedikit dan masih dapat ditoleransi oleh sistem konstruksi yang ada


nama: firdaus mustari
email: firdausmustari@yahoo.com
comments: comments on article: “Jendela pojok yang unik dari bahan alumunium”:
website ini: Jendela pojok yang ada adalah sudut yang mengarah (menjorok) keluar, pertanyaan : bagaimana konstrtuksinya apabila sudut yang mengarah kedalam? tolong disertakan dengan gambar/foto-foto.

astudio;
Pada dasarnya prinsipnya sama; dengan sistem kantilever.


Rumah dengan jendela pojok menjorok kedalam.
Foto; Probo Hindarto. Arsitek; Sony Suharsono

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

One response to “Jendela pojok yang unik dari bahan alumunium

  1. Komentar sebelumnya dari http://www.astudio.id.or.id:

    nama: Fu
    email: fuad_udin@telkom.net
    comments: comments on article: “Jendela pojok yang unik dari bahan alumunium”: Boleh….boleh thx 4 the info. Ini penting bwt presentasiku. makasih ya….

    nama: humaidi
    email: ASquaremind@*****.com
    comments: comments on article: “Jendela pojok yang unik dari bahan alumunium”: ….keren, maaf nanya dikit nich, kalo RSS bisa gak make model jendela pojok, kelihatannya harus bongkar struktur ya?? tolong kasih contoh dong… thanks
    website ini: bagus bgt

    astudio:
    Dear Humaidi,
    Bila sebelumnya memakai struktur biasa dimana kolom berada di pinggir, nampaknya bila ingin jendela seperti ini memang harus dibongkar strukturnya.

    nama: tommy
    email: tommykst78@*****.com
    comments: comments on article: “Jendela pojok yang unik dari bahan alumunium”:
    ah……….keren abis kl rmh sederhana punya model ky gt…pasti laku abis

    name: guns717@*****.com
    komentar: numpang lewat, saya khawatir dengan kekuatan beban kaca pada
    bagian pojoknya.

    astudio:
    Dear Guns,
    Konstruksi seperti ini sudah sangat umum diterapkan di rumah tinggal maupun bangunan lain. Tentu saja dalam ‘menggeser’ beban konstruksi di kolom perlu perhitungan. Bila membangun rumah, konsultasikan dengan arsitek atau kontraktor untuk konstruksi ini.

    Kami sendiri sudah mempraktekkan konstruksi semacam ini.

    name: diah.rach@*****.com
    komentar: comments on article ‘Jendela pojok yang unik dari bahan alumunium’:
    Cukup menarik ya pak, tapi mungkin save kalau dipergunakan di lantai, bukan dilantai satu karena masalah keamanan.

    name: nandaarief@*****.com
    komentar: comments on article ‘Jendela pojok yang unik dari bahan alumunium’:

    begini pak, saya mau memberikan tambahan pada artikel di atas

    Dalam hal penempatan, jendela sudut tersebut memiliki beberapa keterbatasan, misalnya sudut yang kita inginkan untuk dipasang jendela sudut itu merupakan dinding struktural atau terdapat elemen struktural (contohnya kolom), maka tentu saja penggunaan jendela sudut merupakan suatu hal yang tidak dapat dilakukan.

    jadi menurut saya penempatan jendela sudut juga harus memperhatikan letak kolom-kolom struktur utama bangunan

    maaf lo pak jika salah soalnya saya juga masih belajar

    thnx a lot

    astudio:
    Dear Nanda,
    Dari pengalaman yang ada, kolom struktural tidak harus ‘jatuh’ pas di pojok, namun bisa digeser dalam jangka ukuran tertentu sehingga pojokan bisa dipakai untuk memasang jendela semacam ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s