Menggunakan Ramp untuk Rumah Tinggal

https://i2.wp.com/bopswave.googlepages.com/englishflag.jpg English Version


Ramp di sebuah rumah tinggal.
Arsitek: Yudianto


9 Maret 2008

Ramp adalah bidang miring, dalam ilmu fisika sering disebut sebagai sebuah ‘mesin’ untuk memindahkan barang. Sistem ramp sudah dipakai pada jaman Mesir kuno untuk membangun pyramid, dengan cara membuat ramp untuk memindahkan batu-batu besar pyramid. Memang pada dasarnya ramp digunakan untuk menggantikan fungsi tangga, untuk memindahkan manusia atau barang dari lantai bawah ke lantai atas. Bila pada tangga kita berjalan dengan menaiki anak tangga, maka pada ramp kita naik dengan berjalan pada bidang miring.

Akhir-akhir ini ramp cukup populer digunakan dalam rumah-rumah tinggal. Alasannya karena ramp memudahkan karena menaikinya tidak capek, hanya memang membutuhkan jarak tempuh yang lebih jauh dimana ada keuntungan dalam hal ini; penghuni dituntut berjalan lebih jauh sehingga lebih sehat. Selain itu ramp juga memiliki kesan estetika yang khusus dan unik.

Ramp dapat menjadi pengganti tangga bila Anda menghendaki suasana lain hadir dalam rumah Anda. Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan ramp ini antara lain bahwa ramp menyita cukup banyak tempat atau lahan, dan ukurannya yang memanjang memerlukan perhatian khusus. Tingkat kemiringan ramp juga diusahakan berkisar 10 derajat, sehingga masih nyaman berjalan pada ramp tersebut. Perletakan ramp bisa didaerah dalam rumah yang memiliki view menarik, karena berjalan diatasnya agak ‘jauh’ sehingga memanfaatkan potensi ‘view’ atau pemandangan diluar rumah bisa menjadi ide menarik.

Contoh kasus penggunaan ramp:

Pada rencana perletakan ruang-ruang dalam rumah yang didesain astudio dibawah ini, digunakan ramp pada area depan sebuah rumah di lahan berbentuk L.

Pada rencana ruang rumah diatas, ramp yang berada didepan memungkinkan penghuni untuk langsung masuk menuju lantai 2, dimana terdapat ruang keluarga (area orange). Ramp ini juga disambung dengan tangga menuju area ruang tamu di lantai 2 (area krem). Penggunaan ramp ini ternyata lebih nyaman karena tidak membutuhkan tangga untuk mencapai lantai2.

________________________________________________
by Probo Hindarto

© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s