Ruang hunian a la Resort

4 Agustus 2007 – Bagi Anda yang menyukai suasana resort, tentunya tidak asing dengan suasana refreshing yang hadir dari suatu tempat resort, bahkan saking berkesannya, kesan hunian yang refreshing itu seringkali ingin kita bawa ke hunian rumah kita. Tentunya hal ini bukanlah hal yang mengherankan. Bukankah kita sangat ingin rumah kita menjadi rumah dimana kita ingin menjadi segar setelah bekerja seharian, atau bagi ibu rumah tangga merasa huniannya memberikan kesehatan yang dibutuhkan bagi keluarga, serta memberikan kesan yang ‘hidup’ bagi mereka yang mengunjungi rumah kita.


Suasana
resort, seperti yang dalam foto diatas diambil dari sebuah kawasan resort Kaliandra
(dok foto oleh Iyal Fahri, dari dokumen perjalanan SAMM)

Mungkin cara termudah agar kita mendapatkan ide-ide menarik seputar rumah yang menyegarkan itu adalah bepergian ke resort-resort yang ada, dengan demikian kita membawa ‘perbendaharaan’ ide untuk diterapkan pada hunian rumah kita.


Ruang luar yang teduh rindang, namun tetap
stylish dan modern, merupakan pilihan desain dalam hunian-hunian modern dewasa ini. Perpaduan yang harmonis antara alam, bangunan dan aktivitas manusia, menciptakan lingkungan paling ideal bagi manusia, yang menyegarkan. Pada masa ini, kita membutuhkan kesegaran diantara kesibukan kerja yang semakin menuntut vitalitas prima.


Bahkan aktivitas yang sudah biasa dilakukan, seperti misalnya makan, dapat menjadi sesuatu yang refreshing karena didukung oleh suasana. Hal ini dapat kita adopsi dalam perencanaan hunian rumah tinggal kita agar memiliki efek yang sama.


Ruang kecil yang dapat dibuat secara maksimal mendukung suasana menyegarkan, seperti misalnya kolam ikan kecil ini, dimana ikan-ikan berenang dan menjadi sesuatu yang indah dilihat, dalam lingkungan kecil rumah kita.

Kualitas tempat-tempat resort yang memiliki kualitas unik biasanya memang dibuat dengan berbagai pendekatan, misalnya meskipun bangunannya biasa-biasa saja, bahan bangunannya yang unik. Biasanya tempat-tempat resort memiliki ketenangan tempat dan suasana yang menjual. Tengok saja, resort selalu dibuat dengan taman-taman yang rindang teduh, gunanya agar kita merasa dekat dengan alam. Menghirup udara segar, bermain air kolam, berendam di jacuzzy atau kolam khusus outdoor, atau sekedar menikmati santapan khas ala resort. Hmmm…

Karakter dari tempat-tempat resort memang selalu dekat dengan alam, sekaligus tetap stylish dan trendy. Resort-resort yang dibangun dengan konsep modern banyak yang memadukan unsur alam dengan penampilan bangunan yang unik. Hal yang sama sering diterapkan juga dalam desain hunian bernuansa resort, yang memadukan unsur alam dengan gaya modern yang tidak terlihat usang.


Merencanakan ruang-ruang sebagai pelengkap dalam hidup kita dengan menyertakan area yang dapat menjadi ‘pelepas penat penglihatan’, boleh jadi merupakan modal utama dalam desain rumah sehat sekaligus indah.

Tips Hunian a la Resort

Bagi Anda yang ingin membawa suasana resort dalam rumah Anda, tips-tips berikut dapat membantu Anda:

  • Pada saat berkonsultasi dengan arsitek atau merencanakan rumah tinggal, jangan lupa bahwa suasana asri ingin ditampilkan, sehingga berbagai keputusan penataan ruang-ruang didasarkan pada pertimbangan ini. Maksimalkan fungsi ruang luar seperti taman dalam rumah.
  • Milikilah area-area rumah yang dapat ditanami atau hijau, kadang-kadang biarkan arsitek memberikan ide-ide seputar kehijauan taman, dimana letak taman, elemen taman dan sebagainya
  • Biarkan ruang-ruang dalam rumah lebih terbuka dengan menggunakan kaca-kaca atau bidang transparan kearah taman
  • Usahakan agar taman atau area hijau dapat dinikmati dari dalam dan sekitar rumah, misalnya dengan menempatkan area duduk disekitar taman untuk digunakan duduk-duduk pada sore hari sambil menikmati teh dan kudapan kecil
  • Bila Anda memiliki peralatan olahraga atau berencana memiliki area khusus olahraga, tempatkan sedemikian rupa area olahraga berdekatan dengan taman atau bahkan menyatu dengan taman. Tujuannya adalah penyatuan aktivitas olahraga dengan aktivitas refreshing maupun berkumpul outdoor dengan keluarga.
  • Area makan pagi bisa didekatkan dengan area oudoor taman dalam rumah, agar penghuni yang breakfast bisa sembari menikmati bias sinar mentari yang menyegarkan.

Masih banyak ide-ide menarik lainnya soal menata rumah agar memiliki kualitas refreshing laksana resort. Tentu saja dalam hal ini kita memerlukan kreativitas dalam menata hunian agar lebih refreshing lagi. Sekedar mengingatkan, bila Anda sedang merencanakan rumah tinggal, konsultasikan hal ini dengan arsitek Anda. Selamat ber-resort ria!

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

One response to “Ruang hunian a la Resort

  1. sangat membantu saya yang sedang mencari preseden tenteng hunian ala resort.thx mohon gambar2nya ditambah karena saya ingin memperluas lagi ide2 saya untuk bangunan hunian yang akan saya desain.kalau bisa tolong pemberi tahuannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s