Pencahayaan alami di rumah



22 Sept 2006
Pencahayaan alami sangat berguna bagi tubuh dan jiwa kita. Cahaya matahari dapat masuk kedalam rumah dan memberikan penerangan yang cukup dan menghangatkan rumah. Ada kalanya cahaya matahari masuk dari sisi timur atau barat bangunan. Pada siang hari bisa dimasukkan lewat void bangunan.

Banyak orang tidak menyukai cahaya matahari yang datang dari barat, karena panas. Sebetulnya hal ini bisa dimaklumi, karena udara panas siang hari masih belum dingin, bila ditambah sinar matahari sore akan sangat panas terasa. Namun hal ini bisa diatasi dengan membuat plafon yang cukup tinggi. Cahaya matahari tetap diperlukan untuk dimasukkan ke dalam rumah, agar suatu saat sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah, penting untuk menjadikan rumah lebih hidup dengan sinar matahari ini. Mungkin kita bisa meminimalkan efek panas ini dengan benar-benar mempertimbangkan bahwa sinar matahari masuk hanya sekitar satu jam pada sore hari untuk rumah menghadap barat ini, sehingga tidak terlalu panas.

Rumah menghadap ke timur sangat baik, cahaya dapat menghangatkan pagi yang dingin dan memberikan perasaan riang pada pagi hari untuk memulai aktivitas.


Gambar rumah dengan pencahayaan alami yang ditambahkan dengan baik dari pintu dan jendela kaca patri disekitar pintu ini. Ide ini bisa diterapkan untuk memperluas area jendela dan memasukkan cahaya matahari.
________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

One response to “Pencahayaan alami di rumah

  1. Komentar sebelumnya dari http://www.astudio.id.or.id:

    nama: andri
    email: andri_archyusuf@*****.com
    comments: comments on article: “Pencahayaan alami di rumah”: thanx yah artkel nya membantu tugas kuliah saya neh hehe..buat yang lebih keren dunk tentang pencahayaan rumah yang lebih komplit oce oce….
    website ini: bagus lah hihi…

    nama: hendy
    email: hendy_bambu@****.com
    comments: comments on article: “Pencahayaan alami di rumah”:

    maaf saya cuman mau tanya
    dinegara kita apakah dalam perancangan pencahayaan pada proyek besar maupun kecil menggunakan software khusus biar akurat maksud saya
    terima kasih

    hendhy

    name: Dhony Sukma
    komentar: Panasnya cahaya dapat difilter oleh tanaman / vegetasi sehingga pengurangan panas dapat dilakukan.
    Rumah menghadap manapun dirasa cukup baik asalkan penempatan antara tata ruang bangunan harus sesuai cantohnya adalah bagian kamar tidur tidak merupakan dinding baguan aling barat bangunan, dengan begitu asumsi panas pada rumah dapat dihindari…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s