Memilih perlengkapan kamar mandi / choosing bathroom fixtures

sc000144b7.jpgBerada di kamar mandi merupakan hal yang privat, dan kenyamanan termasuk salah satu hal penting dalam perencanaan kamar mandi. Kamar mandi sudah menjadi kebutuhan dasar dalam hidup modern yang lebih bergaya, dengan perencanaan desain yang baik, kamar mandi tidak hanya punya fungsi dasar saja seperti untuk mandi, maupun buang air, tapi juga menjadi tempat untuk berendam, berhias, serta mempersiapkan diri untuk pergi ke luar rumah.

Sesuai dengan tingkat kenyamanan yang makin tinggi dalam hidup modern, kenyamanan kamar mandi menjadi hal yang mendasar karena kamar mandi termasuk ruang dalam rumah yang paling sering kita pakai. Bila kamar mandi digabungkan dengan ruang tidur utama, misalnya, maka kebutuhan kamar mandi yang representatif menjadi makin besar.

Untuk itu, kamar mandi dapat dilengkapi dengan berbagai aksesoris yang akan membuat Kamar mandi terasa lebih nyaman, selain itu juga lebih estetis karena umumnya perlengkapan kamar mandi saat ini sudah makin bagus dipandang. Diantara perlengkapan dan aksesori kamar mandi yang selalu ada dalam kamar mandi yang baik adalah bak mandi (biasanya untuk kamar mandi tradisional), bathtub, closet, rak handuk, rak penyimpan (kabinet), tempat sabun, tempat sampah, penggantung pakaian, dan sebagainya.

Kamar mandi yang baik seharusnya direncanakan dari awal sejak sebelum pembangunan, atau dengan membuat renovasi. Bagian penting dari kamar mandi harus ada, seperti bak mandi atau bathtub, serta closet. Kamar mandi tradisional biasanya memiliki kedua fasilitas ini.

Kamar mandi yang baik juga sebaiknya memiliki perlengkapan lain seperti shower (biasanya berada dalam box atau diberi area khusus), kabinet penyimpan benda-benda seperti alat kebersihan, washtafel dengan kaca dan meja rias, serta pernak-pernik lain seperti tempat tisu toilet, pengatur dan pemanas air, tempat sabun, dan sebagainya.

sc000144b7.jpg

Tips untuk memilih perlengkapan kamar mandi:

  • Pilihlah dari perlengkapan kamar mandi yang sesuai dengan ukuran kamar mandi Anda, yaitu agar kamar mandi tidak terasa terlalu sempit. Bila ukuran kamar mandi cukup besar, maka pilihan perlengkapan aksesori kamar mandi juga makin banyak.
  • Pilihlah perlengkapan dan aksesori yang sesuai fungsinya dengan kebutuhan Anda, misalnya Anda tidak memerlukan bathtub karena lebih suka shower, maka bathtub tidak perlu ada.
  • Pikirkan tentang keselamatan anak dan orangtua, misalnya dengan membuat pegangan disisi closet, dan disisi bathtub karena kadang dibutuhkan.

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s