Dinding ‘garukan’ yang manis untuk rumah ber-gaya ‘minimalis’

Dinding ini dibuat dari campuran semen yang ‘digaruk’ alias dibentuk teksturnya dengan menggunakan alat yang mirip dengan sisir. Tukang yang terlatih bisa membuat dinding semacam ini dengan presisi. Dinding semacam ini biasanya sangat bagus untuk rumah bergaya minimalis. Selain harga pembuatannya lebih murah daripada menggunakan batu alam, kesan uniknya juga tak kalah menarik.

Gaya minimalis yang biasa menggunakan batu alam untuk dinding, memang sedang tren, karena batu alam juga terlihat cantik dan sangat ‘Indonesia’. Namun kesan batu yang unik tersebut kadang harus dibayar dengan harga batuan yang cukup tinggi. Sebagai alternatif, dinding ‘garukan’ semacam ini juga disukai.

Arsitek: Pak Sony (Araya)

Kesan presisi dari dinding semacam ini hadir karena keteraturan garis-garis teksturnya yang sangat sesuai dengan presisi bangunan-bangunan yang sedang tren saat ini. Bila Anda tertarik, bisa menggunakan semen mortar campuran khusus untuk dinding yang tidak usah diaci, sehingga tampilan terlihat lebih bagus. Cara lain juga menggunakan cetakan-cetakan yang dibuat sebelumnya (biasanya di pembuat benda-benda dari beton precast yang juga memproduksi pot beton, ornamen rumah dari beton, dan sebagainya). Cara yang terakhir ini tergolong kurang disukai karena bila cetakan tidak presisi, hasilnya kurang menarik.

Terlihat bagus bukan?

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s