Rumah Pak Taufiana – didesain oleh astudio

Rumah pak Taufiana adalah termasuk desain favorit saya yang saya dalam astudio baru-baru ini bersama Rosi Rahadi. Dalam desain ini diupayakan agar terdapat sebuah kejernihan dan lugasnya garis-garis desain dipadukan dengan fungsi ruang yang tepat guna. Berada di pojok, dengan bentuk lahan yang kurang menguntungkan, yaitu berbentuk trapesium, desain penataan ruang difokuskan pada bagaimana mengikuti bentuk trapesium ini agar penggunaan lahan menjadi efektif.

Evolusi desain sebenarnya cukup drastis, dari desain awal yang berbeda sama sekali, namun memberikan penghantar untuk memaksimalkan desain. Berikut ini beberapa file untuk desain ini:

Bentuk awal rumah yang kurang menarik dan kurang mengena dari segi tampilan maupun penataan ruang, kami olah dalam tahapan desain.

Desain awal yang kami buat

Desain akhir

Pada desain akhir ini, penyelesaian terhadap lahan dibuat dengan mengikuti bentuk lahan sehingga tata ruang menjadi tepat guna. Lahan yang trapesium menyebabkan ada ruang-ruang berbentuk segitiga lancip, yang diselesaikan dengan ‘menumpulkan’ sudut tersebut, dan ruang-ruang yang tidak efektif karena lancipnya sudut dipakai sebagai ruang-ruang yang bukan prioritas, seperti untuk ruang jemur pakaian.

Melalui proses dialog, desain dapat menemukan hasil akhir yang mendekati utopia.

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s